Ketua DPR RI Ingatkan Pentingnya Peningkatan Keamanan Transportasi di Libur Nataru

Portalkota-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani mengingatkan pentingnya peningkatan keamanan sarana transportasi dan obyek wisata di libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Selain keamanan, tentunya Puan juga mengingatkan pentingnya peningkatan pelayanan sarana transportasi serta objek wisata.

Puan meminta Pemerintah untuk memastikan keselamatan masyarakat khususnya yang bepergian selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Di akhir tahun akan ada mobilitas masyarakat yang tinggi dan saya harapkan ada peningkatan pelayanan dari setiap moda transportasi publik serta keamanan di jalan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi,” ujarnya dikutip dari laman resmi DPR RI, ditulis (11/12/2023).

“Saya harapkan ada peningkatan pelayanan dari setiap moda transportasi publik,” tegasnya.

Seperti diketahui, lanjut Puan, momen libur akhir tahun biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mudik atau bepergian ke tempat wisata.

Hal itu lantaran terdapat libur panjang pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Terlebih akhir tahun ini pun bertepatan juga dengan libur sekolah yang memungkinkan adanya mobilisasi tinggi masyarakat.

Untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam perjalanan, Puan mengingatkan Pemerintah berkoordinasi sebaik-baiknya dengan Polri dan pihak operator layanan transportasi.

“Seperti bagi yang menggunakan jalur darat, perhatikan agar rest area diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penumpukan di waktu arus mudik dan arus balik. Sehingga masyarakat dapat beristirahat dengan aman dan nyaman,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebur juga berlaku untuk semua moda transpottasi baik jalur darat, laut, udara harus bisa menyiapkan pelayanan terbaik bagi masyarakar yang hendak berpergian.

Selain itu, Puan menyoroti pentingnya pos pemantau perjalanan yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan.

Menurut Puan, pos pemantau yang berfungsi dengan baik dapat menjadi instrumen utama dalam mengawasi lalu lintas dan merespons keadaan darurat.

“Pos pemantau yang lengkap dengan fasilitas kesehatan dapat memberikan respons cepat dalam situasi darurat dan mendukung keselamatan pengguna transportasi,” jelasnya.

**Berita lainnya: Polri Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Tertib

Di sisi lain, Legislator dari Dapil Jawa Tengah V itu mengingatkan Pemerintah untuk mengawasi setiap obyek wisata. Puan mengatakan hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Keamanan pengunjung di objek wisata juga harus diperhatikan, harus ada pengawasan dari pemangku kebijakan dan pemeliharaan setiap fasilitas wisata, terutama yang memiliki risiko keamanan,” terangnya.

Di sisi lain, Legislator dari Dapil Jawa Tengah V itu mengingatkan Pemerintah untuk mengawasi setiap obyek wisata.

Puan mengatakan, hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Keamanan pengunjung di objek wisata juga harus diperhatikan, harus ada pengawasan dari pemangku kebijakan dan pemeliharaan setiap fasilitas wisata, terutama yang memiliki risiko keamanan,” terangnya.

Dijelaskan Puan, pihaknya tidak ingin terjadi lagi adanya kecelakaan di obyek wisata karena kurangnya sistem keamanan.

“Tempat wisata juga harus jauh dari ancaman wabah penyakit. Sehingga masyarakat dapat menikmati liburan dengan menyenangkan,” tutupnya.(eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *