Hankook Tire Umumkan Kinerja Global 2022, Raih Rekor Penjualan Global Tertinggi

Portalkota – Perusahaan ban global terkemuka, Hankook Tire & Technology (Hankook Tire), mengumumkan hasil laporan keuangan perusahaan tahun 2022.

Menunjukan rekor penjualan global tertinggi sepanjang masa, yaitu sebesar 8.394,2 miliar KRW dengan laba operasional mencapai 705,7 miliar KRW. Peningkatan persentase penjualan dan laba operasional masing-masing sebesar 17,5% dan 9,9% secara tahunan.

Rekor peningkatan penjualan tahunan tersebut didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang tepat untuk melewati kondisi ekonomi global dengan memperhatikan kenaikan biaya bahan baku dan disrupsi rantai pasokan global pada paruh pertama tahun 2022.

Peningkatan laba perusahaan juga didorong stabilitas biaya bahan baku dan logistik pada paruh kedua tahun 2022, ditambah menguatnya nilai mata uang dan meningkatnya permintaan ban original equipment.

Penjualan ban berdiameter besar menjadi salah satu faktor dominan penyumbang kenaikan penjualan. Kemudian penjualan global ban mobil penumpang berukuran 18 inci atau lebih berkontribusi sebanyak 40,8% dari total penjualan ban mobil penumpang perusahaan, nilai tersebut meningkat sebanyak 3,1% secara tahunan (YoY).

Pada kuartal keempat, Hankook Tire meraih penjualan sebanyak 43,9% atau meningkat 5,0% secara tahunan (YoY).

Berdasarkan wilayah regional, Hankook Tire mengalami pertumbuhan terbesar untuk ban mobil penumpang 18 inci atau lebih di pasar Tiongkok dengan peningkatan 12,4% YoY atau 58,8% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Diikuti Korea Selatan dengan peningkatan sebesar 5,7% YoY atau 53,5% secara kuartal, pasar Eropa sebesar 3,4% YoY atau 32,5% secara kuartal, dan pasar Amerika Utara meningkat sebesar 2,5% YoY atau 51,9% secara kuartal.

Hankook Tire meraih penjualan global terkonsolidasi sebesar 2.263,8 miliar KRW dan laba operasional sebesar 212,0 miliar KRW. Masing-masing meningkat 19,9% dan 140,1% secara tahunan (YoY) pada kuartal keempat. Namun, permintaan konsumen terhadap replacement equipment tire sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena adanya inflasi.

Pada tahun 2022, secara keseluruhan, Hankook Tire meningkatkan kehadirannya di pasar kendaraan listrik (EV).

Rangkaian ban pertama Hankook yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berkinerja tinggi, yang dinamai iON (dibaca /ai’on/), telah diluncurkan di beberapa wilayah.

Hankook terus menyediakan pasokan OE untuk model kendaraan listrik dari para produsen mobil global, termasuk BMW i4, Audi Q4 e-tron, Hyundai IONIQ 6, Toyota bZ4X, dan Škoda Enyaq iV.

Selain itu, Hankook memulai debutnya sebagai pemasok eksklusif dan mitra teknis dari seri balap mobil listrik pertama di dunia, Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E.

Keunggulan Hankook dalam teknologi ban telah diakui dalam berbagai pengujian Ban oleh majalah otomotif ternama di dunia.

Salah satunya, Hankook Kinergy 4S 2 menunjukkan penjualan terkuat di pasar Eropa, dengan memenangkan Tes Uji Ban di berbagai cuaca selama dua tahun berturut-turut oleh majalah otomotif terkemuka di Inggris, Auto Express.

Di sisi lain, SUV Ventus S1 evo 3 dinobatkan sebagai pemenang pengujian di majalah Auto Bild Allrad, majalah kendaraan segala medan terbesar di Eropa.

Sementara itu, Hankook terus memperkuat kepemimpinannya dalam aspek Environmental, Social and Governance (ESG). Perusahaan terpilih untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut ke dalam daftar Dow Jones Sustainability Indices (DJSI dunia) untuk keberlanjutan yang unggul di industri ini.

Pada akhir tahun ini, Hankook Tire menargetkan pertumbuhan penjualan lebih dari 5% YoY dan meningkatkan jumlah ban berukuran besar di antara total penjualan ban mobil penumpang menjadi 45%.

**Berita lainnya: Hankook Tire akan melengkapi kendaraan serba listrik pertama Toyota, bZ4X

Perusahaan juga berupaya untuk meningkatkan jumlah pasokan Original Equipment (OE) untuk model kendaraan listrik sebanyak 20% di antara semua kontrak OE mobil penumpang dan truk ringan.

Secara keseluruhan, Hankook Tire kedepannya akan fokus meningkatkan penjualan di pasar utama, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil premium, dan mempertahankan kepemimpinan di lini ban kendaraan listrik.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *