Antisipasi Banjir, Warga Pakualam Bersama Arhanud Kerja Bakti Bersihkan Kali Dongkal

Portalkota-Antisipasi banjir, warga Kelurahan Pakualam bersama Batalyon Artileri Pertahanan Udara 1/Purwa Bajra Cakti (Yonarhanud 1/1 Kostrad) lakukan kerja bakti membersihkan Kali Dongkal, pada Jumat 8 Desember 2023.

Terlihat warga bersama puluhan Anggota Yonarhanud serta Polri turun ke Kali Dongkal dan membersihkan puing yang berada di aliran kali.

Lurah Pakualam, Sukron Makmun menerangkan, kerja bakti ini adalah salah dalam rangka meminimalisir dan mengantisipasi banjir di musim penghujan.

Portalkota.id
Antisipasi Banjir, Warga Pakualam Bersama Arhanud Kerja Bakti Bersihkan Kali Dongkal.(eka)

“Jadi mulai dari hulu dan hilir kali dongkal itu kita berkolaborasi dengan TNI/Polri dengan elemen masyarakat,” ujarnya.

Kerja bakti ini, lanjutnya, dilakukan di 4 RW yaitu RW 04, 05, 11 dan 12 yang dialiri oleh Kali Dongkal.

Dalam kerja bakti ini, dijelaskannya, dibagi dalam dua titik yaitu di Jalan penghubung RW 12 dan 11, kemudian di Jalan menuju Griya Sutera.

“Saya rasa debit airnya luar biasa dan untuk mengantisipasi itu kita lakukan kerja bakti gotong royong dengan masyarakat, TNI/POLRI jadi batalion satu arahan kira kita seperti itu,” jelasnya.

**Berita lainnya: Dishub Tangsel Akan Berlakukan Sistem Satu Arah di Dua Ruas Jalan Ini

Sukron berharap, dengan kegiatan kerja bakti ini dapat meminimalisir banjir di musim penghujan dengan mengangkat bebatuan, dan lumpur di Kali Dongkal.

“Alhamdullilah kita di sini masyarakat kemudian unsur dari TNI/POLRI kita berkolaborasi sehingga menciptakan suatu lingkungan yang kondusif,” ungkapnya.

Kemudian, Pasi Intel Yonarhanud 1/1 Kostrad, Letnan Satu Fajrihan menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Lurah Pakualam untuk kerja bakti membersihkan Kali Dongkal yang mulai tersedimentasi.

“Fokusnya ini adalah kegiatan di pembersihkan kali sungai ini. Sepanjang kali dongkal 500 meteran lebih,” jelasnya.

Menurutnya, daerah yang menjadi lokasi kerja bakti ini merupakan wilayah yang setiap musim hujan selalu banjir.

Fajrihan mengatakan, pihaknya berharap dapat mengurangi dampak daribanjir tersebut dengan mengangkut sampah dan barang yang tidak semestinya di buang ke Kali.

“Kita buang nanti air akan menjadi lancar, mungkin hujan-hujan yang tidak begitu deras bisa tidak meluap airnya. Karena kalau di sini meluap daerah Alam Sutra pasti banjir,” tutupnya.(eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *