Indah Kiat Berikan Pembinaan Proklim di Ponjatim, Ini Pesan DPRD Banten

Portalkota – PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), Tbk Tangerang melakukan pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) di Villa Mutiara, Pondok Jagung Timur (Ponjatim), Serpong Utara, Kamis 9 Maret 2023.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin menerangkan, narasumber pembinaan ini didatangkan langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Banten.

“Jadi pembinaan ini dilaksanakan langsung dari KLHK, yang mengkoordinir dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten, jadi mengundang narasumber dari KLHK,” ujarnya.

Tahun ini sendiri, Kholis menjelaskan, pihaknya mengajukan 3 kampung proklim yaitu di Pakulonan, Pakujaya, dan Pondok Jagung Timur.

“Tahun kemarin ada 3 wilayah yang sudah mendapatkan kategori Proklim utama, kita harapkan tahun ini 3 wilayah lagi bisa meraih Proklim kategori utama,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Banten Komisi IV, Ahmad Fauzi menerangkan, Proklim ini sangat penting, karena lingkungan hidup adalah masalah yang paling serius.

**Berita lainnya: Raperda Perseroda PITS, PDIP Tangsel Soroti Resiko Perubahan Badan Usaha

Menurutnya, dalam pembangunan Proklim ini seluruh elemen masyarakat harus terlibat dan serius.

“Pemerintah harus juga terlibat dan masyarakat secara individu secara kelompok juga terlibat untuk menjaga lingkungan masing masing supaya ini bisa terjaga,” terangnya.

“Bisa terjaga kemudian juga lingkungannya juga bisa bener bener bisa diantisipasi terkait banjir terkait perubahan iklim bisa tertangani,” tambahnya.

Dijelaskannya, partisipasi masyarakat terkait masalah lingkungan ini termasuk adanya pengolahan sampah, kemudian masalah resapan air yang dioptimalkan.

Pada intinya, Fauzi memaparkan, masyarakat mesti diaktivasi supaya partisipasinya tinggi, lagipula jika masyarakat tidak aktif serta tidak proaktif.

“Saya kira program lingkungan tidak akan bisa berjalan dengan optimal,” tutupnya.(ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *