Pelatihan Mobile Journalism Kebencanaan di Desa Panggarangan

Portalkota – Komunitas Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan mobile journalism workshop di Villa Hejo Kiarapayung, Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada hari Minggu dan Senin, 26-27 Juni 2022 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang peserta para pemuda dan pemudi Bayah yang sebagian di antaranya adalah siswa/i SMA dan SMK.

Kegiatan pelatihan dengan tajuk “Masyarakat Berdaya, Waspada Bencana” merupakan salah satu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UMN yang difasilitasi oleh tim dari Program Studi Digital Journalism UMN dengan fasilitator Yearry Panji Setianto, Ph.D, Adi Wibowo Octavianto, S.Sos., M.Si., dan Albertus Magnus Prestianta, SI.Kom., M.A. memberikan materi seputar dasar-dasar jurnalistik, mengelola data dan informasi kebencanaan, dan pemanfaatan teknologi mobile dalam jurnalistik kebencanaan.

Anis Faisal Reza, Ketua Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kolaborasi komunitas dengan universitas yang ada di Provinsi Banten yang sama-sama memiliki kepedulian dan kesepahaman akan pentingnya peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Banten Selatan.
“Workshop ini adalah wujud kolaborasi kampus UMN dengan GMLS yang sama-sama memiliki kepedulian bahwa pengetahuan kesiapsiagaan bencana itu penting dimiliki oleh warga Lebak Selatan di mana wilayahnya memiliki potensi terjadinya megathrust yang bisa menyebabkan tsunami.”

**Berita lainnya: Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis

Setali tiga uang dengan Anis, Andy Firmansyah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMN juga mengtakan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi kampus untuk bisa lebih pro aktif membantu dan saling menguatkan untuk segala inisiasi komunitas atau masyarakat yang dapat memberikan manfaat luas, terlebih tentang kebencanaan di mana Indonesia adalah supermarket bencana.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program tahun kedua pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakuktas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Bisnis UMN berkolaborasi dengan GMLS, dan rencananya program multi-years ini akan melibatkan fakultas lainnya di UMN untuk bisa terlibat secara aktif dan berkesinambungan mendukung upaya-upaya kesiapsiagaan, tanggap bencana, dan pemulihan paska bencana.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *