Menpora Dito Sambut Baik Rencana Event Trail of The Kings di Kawasan Danau Toba

Portalkota – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyambut baik rencana event olahraga lari trail atau trail run di kawasan Kaldera Danau Toba tahun 2024.

Rencana ini disampaikan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dalam audiensi dengan Menpora, Rabu (23/8) di Lantai 10, Kemenpora, Jakarta Pusat.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan, event ini dalam rangka memasarkan dan makin mengenalkan pariwisata Danau Toba kepada masyarakat dunia.

Termasuk dalam rangka menggeliatkan kegiatan pariwisata Danau Toba guna menggerakkan perekonomian di sekitarnya.

“Pariwisata di Danau Toba tidak akan maju kalau tidak ada aktivitasnya. Karena itu salah satunya kami menginisiasi kegiatan Trial Run, yang nantinya akan melibatkan unsur-unsur di sekitarnya, termasuk kepemudaan,” tutur Jimmy yang hadir bersama National Geographic Indonesia selaku mitra dalam kegiatan ini.

Bertajuk “Trail of The Kings: Toba Kaldera”, kegiatan ini akan memadukan olahraga lari trail dengan pesona wisata alam yang dimiliki kawasan Danau Toba. Apalagi kondisi kaldera Danau Toba dianggap tepat untuk kegiatan lari lintas alam.

Bukan sekadar event, Trail of The Kings ini menggandeng langsung Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB), event trail run terbesar dan prestisius tingkat dunia.

Malahan event ini disebut sebagai olimpiade bagi pelari trail run seluruh dunia. Sehingga dianggap telat untuk makin memperkenalkan pariwisata Danau Toba sekaligus Indonesia ke pentas dunia.

“Kami memang menyasar untuk ikut UTMB. Karena untuk Indonesia, salah satu yang menjadi pendekatan pariwisata adalah Danau Toba karena dianggap menjual,” beber Jimmy.

Kata dia, salah satu syarat yang diminta UTMB yaitu ada dukungan dari pemerintah dalam pelaksanaannya. Untuk itu BPODT mengharapkan dukungan dari kementerian terkait di Pemerintah, yaitu Kemenpora dan Kemenparekraf.

Menanggapi pemaparan tersebut, Menpora Dito menyatakan siap memberikan dukungan yang diperlukan. Menurut Menpora kegiatan ini bagus dan masuk akal bila melihat kondisi pariwisata di Danau Toba.

Lebih lanjut Menpora Dito mengingatkan pihak penyelenggara untuk tidak lupa mengajak asosiasi olahraganya yaitu Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI). Menpora juga meyakini banyak brand yang akan tertarik untuk menjadi sponsor event ini.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini biasanya banyak brand yang tertarik mensponsori. Selain itu kalau bisa dibikin juga kategori 5 kilometer yang bisa melibatkan masyarakat untuk ikut,” tutur Menpora Dito.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *