UCIFEST 13 Ditutup, UMN Raih Kategori Animasi Mahasiswa Terbaik

Portalkota-UCIFEST 13 yang ditutup dengan pemberian penghargaan pada hari Minggu, 15 Mei 2022, telah berlangsung selama 6 hari secara daring melalui Zoom dan Youtube live stream.

Dewan Juri UCIFEST 13 yang terdiri dari Olin Monteiro (aktivis perempuan dan produser dokumenter), Mian Tiara (penata musik dan pemain film), Rahabi Mandra (sutradara dan penulis scenario), Michaela C. Levi (sutradara animasi), dan Eki N.F. (sutradara animasi) menentukan pemenang 5 kategori kompetisi UCIFEST 13. Berikut daftar pemenangnya:

  1. Kategori Animasi Pelajar Terbaik, dimenangkan oleh film “Wabah” sutradara Fajar Anis Atmojo dari SMKN 8 Kota Bekasi. Pernyataan juri: Pesan film yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, membahas isu yang marak saat ini cyber bullying.Konsep visual yang sederhana membuat pesan film ini lebih terasa.
  2. Kategori Animasi Mahasiswa Terbaik, dimenangkan oleh film “Langit-langit Toples Kaca” sutradara Jason Tirtanegara dari Universitas Multimedia Nusantara. Pernyataan juri: Berhasil menceritakan isu yang berat tentang pernikahan dini dan konsekuensinya sekaligus menyentuh emosi.
  3. Kategori Fiksi Pelajar Terbaik, dimenangkan oleh film “Ondel Oh Ndel” sutradara Nahata Def Fathan dari SMAN 48 Jakarta. Pernyataan juri: Cerita film ini sederhana tapi penuh dengan keajaiban. Hubungan emosional ayah dan anak yang menggelitik.
  4. Kategori Fiksi Mahasiswa Terbaik, dimenangkan oleh film “Bapa Polah, Anak Kepradah” sutradara Achmad Faishol dari ISI Surakarta. Pernyataan juri: Isu yang dinyatakan oleh film ini mencerminkan denyut nadi masyarakat disampaikan dengan lancar dan mengena. Mempertontonkan dialog yang cerdas dan diakhiri dengan puitik.
  5. Kategori Dokumenter Mahasiswa Terbaik, dimenangkan oleh film “Ibu Periku” sutradara Eduardus Steven Irawan dari Universitas Multimedia Nusantara.

**Berita terkait:Mahasiswa Animasi dan Film UMN Gelar UCIFEST 13

Pernyataan juri: Secara teknis terbatas, namun film ini secara tepat menuturkan cerita perjuangan seorang perempuan dengan sederhana dan menggugah. Selain itu, dewan juri juga memberikan Special Mention Jury kepada:

  1. Kategori Dokumenter Mahasiswa: Katura (sutradara Joyo Luqman, Jogja Film Academy)
    2. Kategori Fiksi Pelajar: Cap Jempol (sutradara Nabila Nur Fajrin, SMA Negeri 2 Purbalingga)
    3. Kategori Fiksi Mahasiswa: Memorabilia (sutradara Albertus Nico Wicaksono, Jogja Film Academy)
    Untuk Kategori Film Favorit UCIFEST 13, diraih oleh Sang Hyang Widhi (sutradara Kenzie Reza Hehanussa, Universitas Multimedia Nusantara).(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *