Tumbuhkan Ekonomi Rakyat, PT IKPP Tangerang Resmikan Gerai Bina Indah Lestari

Portalkota-PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang meresmikan Gerai UMKM Bina Indah Lestari, Rabu 12 Juni 2024.

Gerai yang berlokasi di Jalan Raya Serpong Kilometer 8, Pakulonan, Serpong Utara tersebut diresmikan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan, dan jajaran dari PT IKPP Tangerang.

Gerai tersebut menjadi kebanggaan warga binaan PT IKPP dengan masing-masing keunggulan produk mereka.

Berbagai makanan olahan, minuman, sayur-mayur, bibit sayuran, alat hidroponik, hingga sabun cair hadir di gerai tersebut yang merupakan buatan dari masyarakat Serpong Utara.

Chief Sustainability Officer (CSO) of APP Group, Elim Sritaba mengatakan, kawasan Serpong yang semula hutan kini berkembang menjadi kawasan urban.

Oleh sebab itu, Elim mengungkapkan, PT IKPP ingin berkembang dengan masyarakat sekitar dengan program CSR.

“Itulah mengapa program CSR mengembangkan Kelompok Wanita Tani, bertujuan ingin maju bersama antara perusahaan dengan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, dari program CSR yang selama ini dijalankan, maka lahirlah Koperasi Bina Indah Lestari.

Pengembangan dari Program CSR ini, dijelaskannya, berhasil mewujudkan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Serpong Utara berpenghasilan Rp7 hingga Rp10 jita dalam satu bulan.

“Maka target kedepan impek (pengaruh, red) terhadap kesejahteraan dan kesetaraan gender terus berkelanjutan. Dengan mendorong pertumbuhan ekonomi supaya tidak ada lagi ada orang kelaparan di seputaran Indah Kiat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengaku tidak banyak perusahaan memberikan CSR bidang UMKM.

Menurutnya, hanya segelintir perusahaan yang peduli terhadap UMKM lokal, salah satunya adalah PT IKPP Tangerang.

**Baca juga: Wujudkan PPDB Tertib, Pemkot Tangsel Lakukan Komitmen dengan Sejumlah Pihak

Maka bukan hanya warga sekitar yang berkeinginan memanfaatkan kesempatan ini, tapi Pemkot Tangsel pun semestinya harus lebih semangat dalam mengelaborasi untuk kemajuan bersama.

“Jika tidak ada fasilitas seperti ini kita sulit mendorong UMKM lebih maju, targetnya menang pelaku usaha mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, menengah hingga besar,” jelasnya.

“Itulah mengapa perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM,” tambahnya.

Dengan adanya gerai ini, menurutnya, para UMKM khususnya di Serpong Utara akan lebih percaya diri, ditambah dengan lokasi gerai yang sangat strategis.

Selain itu, gerai UMKM Bina Indah Lestari ini bersih, dan mudah dijangkau, serta produknya telah memiliki label halal dan kualitas kemasan yang bagus.

“Jadi siapa tahu ada tamu dari luar bisa menggunakan produk ini. Makanya era saat ini tidak lagi masing-masing berjalan sendiri sendiri, tapi harus berkolaborasi supaya bisa berkembang lebih besar,” tuturnya.

Usai peresmian, Wakil Wali Kota Tangsel mencicipi berbagai makanan dan minuman olahan dari UMKM se-Serpong Utara.

Dimana, Pilar mengaku saat meminum es kelapa muda asli dengan kemasan gelas bahwa produk ini sangat menyegarkan dengan manis yang original.

“Produk semacam ini memberikan nilai kesehatan yang baik bagi tubuh, disamping juga meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat,” tutupnya.(riski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *